Minggu, 15 September 2019

Inilah ! Windows 7 Paling Ringan dan Cepat Untuk Netbook

Windows 7 Paling Ringan dan Cepat Untuk Netbook / Notebook / Laptop - Windows 7 menjadi windows paling favorit untuk saat ini, meskipun sebenarnya windows ini tidak dapat dikatakan windows yang paling enteng, karena ada windows yang lebih enteng dari windows 7 ini, yaitu windows 8 dan windows 10.

Banyak orang enggan pindah dari windows 7 ke windows lain, karena menurut mereka windows 7 ini memiliki tampilan cukup simpel dan mudah dipahami dibandingkan dengan windows lain seperti windows 8 atau windows 10.

Kebanyakan orang akan merasakan hal yang sama, contohnya seperti saya, saya sudah memakai windows 7 lebih dari 5 tahun. Namun ketika saya pindah dan mencoba windows 10, rasanya sangat aneh, tampilan menu sangat berbeda dengan windows 7, dan saya sangat kesusahan untuk mengoperasikan windows 10 tersebut pada saat pertama kali, hal inilah yang membuat saya ingin kembali lagi ke windows 7.

Namun jika saya kembali menggunakan windows 7, laptop saya sudah terlalu jadul untuk dapat menghandle proses windows 7 tersebut. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap performa laptop saya yang tidak akan stabil.

Nah, mungkin diantara kalian juga pernah mengalami permasalahan seperti ini. Mau ganti windows lebih ringan, tapi tidak tahu windows apa yang cocok.

Disini saya akan mencoba menjawabnya...

Versi / Jenis Windows 7 Paling Ringan dan Cepat

Windows 7 saat ini masih kalah ringan dan cepat dari windows 8, apalagi windows 10. Namun ada beberapa versi / jenis windows 7, kinerjanya tak kalah ringan dan cepat dari kedua windows tersebut.

Windows apakah itu ?

1. Windows 7 Lite Edition

Versi / Jenis Windows 7 Paling Ringan dan Cepat

Windows 7 Lite Edition ini merupakan Windows 7 Ultimate yang sudah dimodifikasi sehingga mendapatkan suatu windows yang sangat ringan dan cepat.

Windows ini telah dimodifikasi sedimikian rupa oleh pengembang, mulai dari penghapusan fitur fitur yang tidak berguna, hingga ke tahap kompressing file. Sehingga membuat file size dari windows ini bisa sangat kecil.

Windows ini mundukung system 32 bit (x86) dan 64 bit (x64), dengan ukuran file iso hanya 700 MB untuk 32 bit dan 1.1 GB untuk 64 bit. File size tersebut sangatlah kecil dibandingkan dengan Windows 7 Ultimate yang dapat mencapai 3.4 GB.

Jika anda ingin menggunakan windows tersebut, anda dapat download melalui link dibawah ini :

Download Windows 7 Lite Edition

2. Windows 7 Super Lite Edition


Sebelumnya Windows 7 Lite Edition, sekarang Windows 7 Super Lite Edition. Ada kata "super" didalamnya, apa yang membedakan super dan tidak super ?

Pada Windows 7 Lite Edition, modifikasi hanya sampai pada penghapusan fitur fitur tidak berguna dan kompress file.

Namun pada Windows 7 Super Lite Edition, penghapusan bukan hanya pada fitur yang tidak berguna, melainkan fitur yang jarang digunakan juga turut dihapus, hal ini membuat semakin banyak saja fitur yang dihapus.

Bukan hanya itu...

File architecture 64 bit system juga dipangkas, sehingga menyisakan 32 bit. Artinya, Windows 7 Super Lite Edition ini hanya dapat mendukung 32 bit system saja, tidak dapat mendukung 64 bit.

Hal inilah yang membuat windows ini semakin ringan, cepat, dan disebut sebagai Windows 7 Super Lite Edition.

Ukuran file dari windows ini juga tak main main.

Coba tebak berapa ?

ISO nya hanya 550 MB ! Yooman..

Ukuran yang sangat kecil bagi system windows 7 yang memiliki progam cukup kompleks.

Windows XP saja file size iso nya dapat mencapai 650 MB.

Namun dengan ukuran segitu Windows 7 Super Lite edition ini tetap layak dipakai, fitur yang dihapus sudah melalui riset yang panjang untuk menentukan apakan fitur tersebut layak dihilangkan atau tidak.

Namun ukuran seperti ini dapat berkembang sewaktu waktu tergantung dari update untuk versi selanjutnya.

Jika anda ingin menggunakan windows tersebut, anda dapat download melalui link dibawah ini :

Download Windows 7 Super Lite Edition

3. Windows 7 Home Premium

Windows 7 Paling Ringan dan Cepat Untuk Netbook

Windows ini berada di nomer 3 dari 5 versi standart windows, begini biar lebih jelas :

  • Windows 7 Starter
  • Windows 7 Home Basic
  • Windows 7 Home Premium
  • Windows 7 Professional
  • Windows 7 Ultimate
Windows ini kelasnya dibawah dari Windows 7 Professional dan Windows 7 Ultimate, dan lebih tinggi dari Windows 7 Home Basic dan Windows 7 Starter.

Windows ini layak saya katakan masuk sebagai daftar windows 7 paling ringan dan cepat.

Kenapa layak ?

Karena windows ini memiliki fitur yang tidak muluk muluk (berlebihan). Fitur yang ada di windows 7 home premium ini juga pas dan sesuai dengan yang kita butuhkan sebagai pengguna rumahan, terkhusus bagi device netbook yang memiliki spesifikasi pas pasan.

Intinya PAS !


Fitur tidak berlebihan pada windows ini membuat file size dari iso windows ini cukup kecil, yaitu sekitar 2.3 GB untuk update terbaru nya saat ini (2018).

Mana Windows 7 Paling Ringan Untuk Netbook ?

Windows 7 Paling Ringan Untuk Netbook

Untuk windows 7 paling ringan digunakan pada Netbook, jawabannya adalah :

Windows 7 Super Lite Edition... Mengapa ?

Netbook diciptakan agar dapat dibawa kemana mana, sehingga bentuknya kecil dan slim...

Netbook diciptakan agar baterainya awet, sehingga spek nya minim (rendah)...

Netbook diciptakan agar sangat fleksibel saat dinyalakan dan dimatikan (booting), sehingga operating system nya harus cepat...

Nah...

Untuk windows yang paling tercepat dan paling bagus diantara ketiga windows tersebut adalah Windows 7 Super Lite Edition.

Selain itu windows dengan file size kecil tersebut saya rasa juga sangat pas untuk netbook yang memiliki spesifikasi rendah.

Karena jika netbook dengan spesifikasi rendah dipasangkan dengan windows yang agak berat, dampaknya bisa ke baterai, baterai bisa saja menjadi boros dan tidak efisien.

Namun jika memakai Windows 7 Super Lite Edition, kelemahannya anda hanya dapat menginstal untuk versi 32 bit system.

Namun jika anda menginginkan untuk menginstal windows 7 64 bit karena mungkin anda ingin menginstal software atau buat game yang hanya support di 64 bit, anda dapat menggunakan Windows 7 Lite Edition sebagai elternatif nya.

Tambahan :
Untuk windows di komputer warnet anda dapat menggunakan Windows 7 Lite Edition atau Windows 7 Home Premium. Karena biasanya di warnet kita membutuhkan fitur 64 bit system yang berfungsi untuk memanajemen network dan lain sebagainya, sehingga tidak cukup kalau hanya menggunakan Windows 7 Super Lite Edition.

Kesimpulan :
Mau menggunakan windows apapun silahkan, yang penting anda paham dengan spesifikasi serta keguanaan netbook / laptop yang anda gunakan. Agar nantinya tidak sia sia dan anda berada dalam pilihan yang tepat.

Itulah tadi sedikit penjelasan saya mengenai Windows 7 Paling Ringan dan Cepat Untuk Netbook, semoga sedikit informasi ini dapat berguna bagi siapapun - By KangKimin.
Inilah ! Windows 7 Paling Ringan dan Cepat Untuk Netbook

0 Response to "Inilah ! Windows 7 Paling Ringan dan Cepat Untuk Netbook"

Posting Komentar