Jumat, 18 November 2022

Windows 11 paling ringan dan cepat

Inilah ! Windows 11 Paling Ringan dan Cepat Untuk Laptop / Netbook / Notebook - Munculnya windows 11 banyak ditunggu bagi para pengguna operating system windows. Pasalnya windows 11 hadir dengan sangat epik, banyak fitur fitur yang disematkan padanya. Terutama masalah pada user experience yang menurut saya banyak yang meng-copy paste milik operating system milik Apple yaitu MacOS.

Meskipun tidak semua fitur meniru milik Apple, namun fitur fitur penting yang sangat berguna dapat diadaptasikan di Windows 11 ini. Alhasil banyak orang yang ingin mencoba merasakan sensasinya user experience pada Windows 11 ini. Namun dibalik fitur fitur yang canggih beserta tampilan yang semakin cantik, banyak isu yang menerpa windows 11 ini.

Diantaranya adalah persyaratan keamanan hardware yang cukup ketat seperti mengharuskan hardware support TPM 2.0. Padahal tidak semua perangkat komputer yang dimiliki pengguna memiliki keamanan TPM 2.0 tersebut. Sehingga muncullah rantai isu yang menghubungkan dengan kerentanan di windows 11 terhadap virus yang mengharuskan hardware memiliki TPM 2.0 untuk membantu windows 11 agar tidak mudah terkena virus.

Selain itu pada windows 11 versi awal juga memiliki banyak bug serta fitur penting yang dahulunya ada di windows 10 seperti fitur drag & drop navbar dihapus pada windows 11. Namun semua itu sudah di lakukan update pada windows 11 versi berikutnya. 

Soal performa pada windows ini dari kacamata saya adalah cukup memuaskan. Windows 11 banyak kompatibel dengan berbagai aplikasi dan software yang ada pada era windows 10. Sehingga para pengguna tidak perlu banyak melakukan penyesuaian pada aplikasi yang digunakannya. Namun sayangnya file size dari windows 11 ini cukup masif, sehingga memerlukan kapasitas penyimpanan yang cukup besar agar bisa  menginstal windows 11 ini.

Nah, banyak developer yang mulai memodif windows 11 ini agar lebih hemat penyimpanan serta mempunyai performa yang lebih baik lagi. Seperti menghilangkan fitur yang sangat jarang dipakai dan melakukan tuning performace pada proses system tertentu untuk memberikan efek kecepatan yang lebih tinggi terhadap performa.

Biasanya para developer sudah mengelompokkan tuningan mereka dengan kebutuhan masing masing pengguna, seperti misalnya untuk gaming, editing, redering, ataupun hanya penggunaan biasa pada umumnya.

Apakah Anda ingin mencobanya ?

Berikut ini adalah beberapa windows 11 yang sudah di modif oleh developer yang patut anda coba untuk memaksimalkan experience anda dalam menggunakan windows 11 :

1. Windows 11 Ghost Spectre

windows 11 super lite ghost spectre yang ringan cepat dan stabil


Siapa lagi yang tak kenal dengan product ghost spectre ini, developer yang selalu aktif membuat windows versi ringan cepat dan handal, cocok untuk anda yang memiliki laptop dengan spek kentang. Meskipun ringan, tampilan dari windows 11 ghost spectre ini tidak kalah dengan windows 11 original. 

Windows 11 ghost spectre memiliki tampilan yang cukup cantik dan elegant. Menggunakan wallpaper khas dari mereka menambah kesan sangar ke windows 11 anda. Windows 11 ghost spectre ini windows  yang sangat saya rekomendasikan untuk anda, karena sudah terbukti bertahun tahun product hasil olahan mereka sangat stabil dan memiliki performa terbaik.

2. Windows 11 Phoenix Lite OS

windows 11 phoenix lite os ringan dan cepat


Windows 11 Phoenix Lite OS memang sedikit jadi perbincangan akhir akhir ini, karena rumornya windows 11 phoenix lite os ini memiliki performa dan kecepatan yang lebih baik dari ghost spectre. Windows 11 phenix lite os ini juga ada yang menyebutnya dengan windows 11 ultra lite.

Jujur saja saya belum pernah menggunakan windows 11 phoenix lite os ini, namun jika kita lihat review di youtube windows 11 versi ini memang memiliki performa yang cukup baik. Beberapa uji coba perbandingan performa dimenangkan oleh phoenix lite os ini. Untuk itu windows ini patut anda coba.

3. Windows 11 Nexus LiteOS

windows 11 nexus lite ringan cepat


Windows 11 versi lite milik nexus ini mempunyai keunggulan yaitu bisa di instal sekalipun laptop kalian tidak memiliki TPM 2.0. Ini artinya windows ini dapat di instal di laptop kalian yang sudah jadul, ataupun sudah lama seperti keluaran 2010 an.

Keunggulan windows 11 versi ini yaitu ukuran file hasil instalasi yang cukup kecil, yaitu hanya 5gb saja, yang mana biasanya pada windows 11 biasa bisa mencapai 25gb. File iso nya pun hanya sekitar 2.5 gb.

Kenapa bisa seperti itu ?

Nexus telah menghapus bagian sistem, cloud, dan sync untuk mendapatkan file size yang cukup kecil tersebut. Berikut apps yang dihapus oleh nexus:

  • Semua Aplikasi bloatware
  • Print Spooler (Dinonaktifkan)
  • Action Centre (Dinonaktifkan)
  • Hibernasi (Dinonaktifkan)
  • SysMain (Dinonaktifkan)
  • Prefetch
  • People
  • Bantuan (HTML)
  • Sinkronisasi Microsoft
  • Catatan :- Semua fitur dapat diaktifkan secara manual menggunakan Toolkit

Nexus mendapat banyak review positif dari pemakai windows 11 nexus liteos ini. Mereka mengatakan dalam laman resminya bahwa windows ini dapat dipakai secara stabil di laptop jadul milik mereka. Jujur saya belum pernah mencobanya, namun ulasan ulasan di kolom komentar forum milik mereka membuat saya yakin bahwa windwos ini memiliki performa yang stabil khususnya di laptop yang keluaran lama.

Terlebih di dalam windows 11 nexus lite os ini terdapat tools yang dapat anda gunakan untuk tweaks sesuka hati Anda. Menurut saya fitur ini cukup powerfull, karena kita dapat secara bebas memilih fitur apa yang mau digunakan atau mau dimatikan.

Bukan hanya itu, fitur gaming tweaks juga akan sangat berguna bagi anda yang doyan game. Sehingga anda dapat menemukan windows 11 gaming edition dalam versi windows 11 nexus lite edition ini.

Mana Windows 11 Paling Ringan Dan Stabil ?

Menurut saya adalah Windows 11 Ghost Spectre

Mengapa ?

Karena dari ketiga windows yang telah saya sebutkan di atas, ghost spectre merupakan yang paling awal muncul, forum yang paling aktif, dan banyak ulasan di youtube youtube, sehingga sangat dapat dipercaya.

Untuk phoenix karena saya baru mengikutinya, jadi saya kurang tahu untuk kedepannya apakah aman dari serangan virus, mallware dan lainnya. 

Untuk nexus sendiri forum kurang aktif, di youtube masih sedikit yang memberikan tutorial nya. Saya khawatirkan nanti ketika ada masalah anda malah kebingungan untuk mencari solusinya.

Namun saya tidak melarang untuk mencoba versi phoenix dan nexus. Karena versi phoenix memiliki keunggulan performa yang lebih baik daripada ghost spectre. Dan nexus memiliki keunggulan file size instalasi yang sangat kecil, sehingga cukup enteng.

Pertimbangkan juga untuk menggunakan versi windows dibawahnya yang lebih ringan seperti, windows 10 paling ringan dan cepat ataupun windows 7 paling ringan dan stabil.

Pilihan ada di tangan anda...

Tambahan

Selain mencoba windows custom dari berbagai developer, untuk anda yang masih ragu, anda dapat menggunakan windows 11 original microsoft dan menggunakan software tweaktool untuk mendongkrak performance. Dengan begitu anda dapat lebih aman dan tenang, karena menggunakan windows 11 original.

Itulah tadi sedikit penjelasan saya mengenai Windows 11 Paling Ringan dan Cepat Untuk Netbook, Laptop, Komputer, Maupun PC. Semoga sedikit informasi ini dapat berguna bagi Anda - By KangKimin.

Inilah ! Windows 11 Paling Ringan dan Cepat

0 Response to "Inilah ! Windows 11 Paling Ringan dan Cepat"